Beragam Teknik Dalam Memancing

Salam Mancing Mania Mantap !!

Memancing adalah sebuah hobi yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, melalui memancing ini anda dapat mendapatkan sesuatu yang dapat meringankan beban pikiran, memperbanyak tali silaturahmi antar sesama pemancing. Namun perlu di ketahui bahwa dalam dunia memancing terdapat beberapa teknik yang mungkin akan menjadi sesuatu yang baru terutama bagi pemancing pemula.

Banyak jenis teknik mancing yang kerap digunakan para pemancing di tanah air dan berikut ini kami mengulas apa saja teknik-teknik mancing tersebut khususnya bagi pemancing pemula yang belum mengetahui secara jelas dari teknik mancing itu. Selamat membaca.

  • Button Fishing (Mancing Dasaran)

Mancing dasaran adalah teknik mancing paling umum dan paling populer di kalngan pemancing. Teknik mancing ini sangat sederhana, buat rangkaian dasar, pasang umpan, lalu cemplungkan dan tunggu sampai ada sambaran/strike.

Mancing dasaran ini menggunakan joran dengan ril spinning atau overhead ril atau malahan pakai tangan saja (handline) yaitu cara mancing paling tradisional. Mancing dasaran harus menggunakan pemberat seperti timah atau besi yang beratnya tergantung pada kencangnya arus di perairan tersebut.

  • Fly Lining (Ngoncer)

Mancing dengan menggunakan ikan hidup sebagai umpan yang dimana Teknik ini bisa menggunakan pemberat dan disebut ngoncer dasar atau tidak menggunakan pemberat. Rigging ngoncer yaitu kenur utama dipasang swifel, kemudian disambung neckline sekitar 10 cm lalu mata kail diikat neckline. Umpan yang digunakan mutlak umpan hidup seperti selar, tembang, kembung,dan lainnya, bahkan baby barracuda (alu-alu) bisa digunakan.

Cara teknik ngoncer yaitu umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal, menuju lokasi spot (tohor), sambil menunggu ikan pemangsa, seperti tenggiri dan barracuda menyambar umpan hidup tadi. Terkadang saat ngoncer digunakan balon yang diikatkan sekitar 1 meter atau 2 meter dari live bait, cara ini berguna agar ikan tidak berenang ke bawah, sehingga ikan selalu berada di permukaan air sekitar 1-2 meter.

  • Pancing tonda Atau Trolling fishing

Pancing tonda atau Trolling merupakan jenis memancing yang diberi umpan buatan yang disebut rapala. Rapala digunakan untuk memancing ikan seperti tenggiri dan wahoo. Jenis umpan palsu lain yang sering digunakan yaitu konehead yang berbentuk seperti cumi tapi berwarna menyolok dan untuk ujung tali pancingnya dikaitkan pada kapal motor atau perahu. Pancing tonda dikelompokan ke dalam alat tangkap pancing. Pancing tonda atau pancing tarik merupakan alat penangkap ikan yang masih tradisonal.

  • Casting

Teknik ini adalah mancing dengan melemparkan umpan tiruan atau lure ke titik dimana kita berada. Lontaran umpan biasanya tidak perlu terlalu jauh (20-30 meter) dan dilanjutkan dengan menggulung senar secara perlahan, sambil membuat irama tarikan senar agar umpan terlihat berenang, goyang kiri kanan dan lain-lainnya, dan karena gerakan lure yang berirama tersebut akan menarik perhatian ikan sasaran untuk menyambarnya.

Nah itulah beberapa Beragam Teknik Dalam Memancing yang mungkin perlu anda ketahui terlebih jika anda seorang pemancing pemula. Sebenarnya teknik dalam memancing masih banyak lagi namun akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam dunia memancing. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *